Sunday, October 9, 2016

Oli Mesin Suzuki Satria F150 habis

Oli Mesin Suzuki Satria F150 habis. Yupss... kejadian yang gue alami sendiri ndesss, gue cuma coba share kepada kalian semua untuk pengalaman dan diambil hikmahnya. Hehehe...
Kejadian sih udah 2 tahunan yang lalu, dan motor Satria gue keluaran tahun 2010. Motor selalu gue rawat ndes, kotor sedikit aja langsung gue cuci, terus soal oli belum sampe sebulan oli mesin gue ganti biar selalu bagus olinya.
Nih pas jamanya masih alay ndesss,hihihi... nah kejadian kehabisan oli mesin tepatnya 2 tahun yang lalu, waktu itu gue lagi pengen jalan-jalan ama bini ndes, motor kok suara mesinnya agak kasar, nah dalam pikiran gue saat itu ganti oli mesin ahhh... maklum ndess dulu gue paling rajin soal ganti oli, kan motor kesayangan. Motor pertama kali beli pakai duit sendiri dan hasil kerja keras, wajarlah kalau disayang-sayang.
Hehehe malah jadi curhat, kembali ke topik ndess. Seketika itu berhubung waktu sudah sore jadi mau ganti ke dealer udah tutup, akhirnya cari bengkel pinggir jalan deh, kesan pertama sih gue gak begitu curiga karena bengkel yang gue datangi biasanya rame, nah gue coba deh ganti oli dibengkel tersebut, yang beralamatkan di Tangerang daerah pasar baru. Pas sudah masuk gue bilang "bang ganti oli en**ro racing dan ganti kampas kopling". Trus si abang bilang "Ok".
Berhubung motor langsung dipegang gue dan bini tersayang duduk disamping deket bengkel, selama menunggu gue y ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon sama bini. Hehehe...
Gak begitu lama gue dipanggil "boss sudah jadi motornya". Langsung deh gue bayar biayanya. Trus gue cabut dari situ, Tapi masih ada yang aneh ndes, kok cepet amat ya ganti oli dan kampas koplingnya? Terus kapan ya dia masukin olinya, soalnya gak ada bekas oli bekasnya ndesss. Dalam hati mungkin gue gak liat aja pas olinya dimasukin.
Nahhhh... mala petaka tiba selang 3 hari pasca ganti oli tersebut, pas lagi mau maen ketempat temen, suara motor gue gemblodakkan gak karuan, udah kayak naik bajaj yang orange aja.
Suee bener, setelah sampai dikontrakan temen gue, gue ngomong tuh motor gue suaranya kasar banget, trus ada yang bilang jangan-jangan pistonnya kena nih. Weleh... orang motor rajin servis ama ganti oli kok pistonya kena, lagi pula umur motor juga baru 2 tahunan, berhubung besoknya gue kerja shift 1 gue pinjem tuh motor temen gue buat balik dan kerja. Hihihi...
Berhubung temen gue libur kerja, gue suruh tuh buat dibawa ke bengkel Suzuki, nah pas gue lagi kerja diSMS "mang loe gak pernah ganti Oli"?. Gue jawab "gue paling rajin ndes soal ganti Oli". Dalam pikiran gue wah ini pasti ada hubungannya dengan oli.
Saat itu gue ijin kerja setengah hari dan langsung cabut ke bengkel Suzuki tersebut ndess, pas udah sampe gue ditanya mekaniknya " udah berapa lama gak ganti oli? Masak oli tinggal setengah cangkir, item kumel lagi?". Trus gue jawab "lah... baru 3 hari yang lalu gue ganti ndess?". Langsung deh gue lihat sisa Olinya dan memang bener tinggal setengah cangkir, lalu dioperasi deh Satria milik gue, blok silinder juga baret tapi gak parah. Utung aja stang pistonya gak bengkok, jadi cuma ganti seal-seal yang rusak. Mekaniknya bilang jangan-jangan Oli bekas nih yang dimasukin, suee bener tuh bengkel?¿ Ya biayanya lumayan sih ndess. Pas sudah keluar dari UGD hehehe... langsung tuh motor buat njengat-njengat mekaniknya... suee bener... pas gue coba emang sekarang suaranya udah halus.
Jadi kesimpulannya "Jangan terlalu percaya pada bengkel pinggir jalan, awasi sampai bener-bener selesai pengerjaannya". Kalau gak mau terjadi sama yang gue alami ndess... 
Nih foto terakhir Si Putih sebelum gue jual ndess, sekarang tinggal kenangannya saja, banyak cerita suka duka bersamanya ndess.






Salam"Tjah Toyo City"

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.